Wednesday, July 18, 2018

Manfaat Telur Ayam Bagi kesehatan

Baik putih maupun kuning telur kaya bakal nutrisi, protein, vitamin, dan mineral. Kuning telur juga mengandung kolesterol, vitamin larut lemak, dan asam lemak esensial.

Telur juga adalah bahan yang penting dan serbaguna untuk memasak. Telur mempunyai bahan kimia khusus yang alamiah sebagai perekat.


Tidak sedikit orang sudah menikmati telur sebagai simbol kesuburan dan kelahiran kembali. Bahkan telur sudah mengambil tempatnya dalam sejarah religius dan kuliner. Dalam agama Kristen, simbol telur yang dihias sudah menjadi identik dengan Paskah.

Dilansir di BBC Good Food, telur adalah sumber protein yang sangat terjangkau dan bernilai tinggi. Lebih dari setengah protein telur dan vitamin B2 ditemukan pada putih telur. Jumlah lemak yang lebih rendah daripada kuning telur.

Telur kaya sumber selenium, vitamin D, B6, B12 dan mineral semacam seng, besi, dan tembaga. Kuning telur mengandung lebih tak sedikit kalori dan lemak daripada putih telur.

Telur dipakai sebagai sumber vitamin larut lemak A, D, E, dan K dan lecitin, senyawa yang memungkinkan emulsifikasi dalam resep semacam hollandaise alias mayonais.

Berbagai merek telur sekarang mengandung asam lemak omega-3, tergantung pada makanan ayam itu sendiri. Telur dianggap sebagai sumber protein lengkap sebab mengandung semua sembilan asam amino esensial, yaitu senyawa yang wajib diperoleh dari makanan. Satu telur sedang yang direbus mengandung 84 kalori, 8,3 gram protein, 5,7 gram lemak, dan 1,6 gram lemak saturasi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di majalah Pediatric sudah menyarankan memberi anak-anak satu butir telur sehari selagi enam bulan. Konsumsi itu dibarengi diet dengan mengurangi makanan bergula. Konsumsi telur juga bisa menolong mereka mencapai tinggi badan yang sehat dan mencegah stunting.

No comments: