Thursday, October 25, 2018

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

Pasti Kamu telah tak asing lagi dengan peringatan “dilarang merokok”, bukan? Dua kata itu bisa dengan mudahnya dijumpai di mana saja. Merokok dilarang lantaran tak sedikitnya bahaya merokok yang bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda.



Setiap rokok yang Kamu hisap, menambah risiko Kamu terkena penyakit jantung. Diperkirakan, setidaknya setidak sedikit 20% kematian akibat penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan merokok.

Kandungan zat kimia yang tersedia dalam rokok sangat berbahaya bagi kesehatan Kamu serta juga orang-orang di kurang lebih Anda. Bahaya merokok bagi kesehatan di antaranya yaitu:

Gangguan Kardiovaskular
Ketika Kamu merokok, Kamu bakal lebih mungkin terkena serangan jantung. Perokok berisiko dua sampai empat kali lebih tinggi menderita penyakit jantung. Risiko lebih tinggi lagi apabila Kamu perokok wanita yang sedang mengonsumsi pil KB.
Saat merokok, Kamu memasukkan zat-zat berbahaya yang bisa berakibat kurang baik bagi tubuh, terutama jantung, contohnya zat nikotin. Ketika nikotin masuk ke tubuh, zat itu bisa mengurangi kadar oksigen yang bisa masuk ke darah. Zat yang bersifat candu ini juga bisa mempercepat detak jantung, menaikkan tekanan darah, merusak pembuluh darah dalam jantung, serta menambah kemungkinan terjadinya penggumpalan darah yang bisa memicu serangan jantung. Begitu juga dengan akibat-akibat kurang baik kepada organ tubuh yang lainnya.
Bahaya merokok juga bisa dirasakan oleh orang yang tak merokok sama sekali. Asap rokok bisa menyebabkan penyakit jantung serta kanker paru-paru pada perokok pasif, yaitu orang yang tak merokok tetapi masih menghirup asapnya.

Otak
Bahaya merokok bisa menambah risiko terkena stroke sebesar 50 persen. Faktor tersebut bisa menyebabkan kerusakan otak serta kematian. Merokok juga bisa menambah risiko mengalami aneurisma otak. Aneurisma otak adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah. Sewaktu-waktu bisa pecah serta mengakibatkan pendarahan di otak.

Mulut serta tenggorokan
Bau mulut serta gigi bernoda adalah efek yang bakal muncul akibat merokok. Penyakit gusi serta kerusakan indera perasa pun bisa muncul akibat bahaya merokok. Persoalan serius yang bakal sampaip pada mulut serta tenggorokan adalah meningkatnya risiko kanker pada lidah, tenggorokan, bibir, serta pita suara.

Paru-paru
Salah satu efek paling berbahaya akibat merokok adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan kimia pada rokok berpotensi merusak sel paru-paru yang kemudian bisa berubah menjadi sel kanker. Penyakit serius lainnya yang bisa Kamu alamiah adalah bronkitis, pneumonia, serta emfisema.

No comments: